1 month ago
1 min read

‘Anies Harus Masuk Parpol’

JAKARTA – Antropolog, Dimas Oky Nugroho, menilai mantan Gubernur Daerah Khusus Jakarta (DKJ), Anies Baswedan, seharusnya masuk ke dalam partai politik (parpol). Menurutnya, itu merupakan tanda profesionalitas seseorang di bidang politik.

“Mas Anies mestinya masuk dalam partai politik. Karena itu, profesionalisme seorang politisi itu harus masuk ke dalam partai,” katanya dalam Total Politik.

Dimas membandingkan profesionalitas seorang politisi sipil dengan tentara. Apabila seorang anggota tentara ingin masuk ke dalam dunia politik, maka ia harus pensiun terlebih dahulu.

“Kan sama, semua diatur oleh undang-undang. Tentara misalnya, dia mau masuk jabatan publik, dia pensiun. Dia mau (jadi) calon pilkada (pemilihan kepala daerah) atau calon presiden misalnya, pensiun (dulu),” lanjutnya.

Dimas menegaskan, politisi yang berasal dari kalangan sipil juga harus menunjukkan profesionalitas mereka. Isu ini memang belum pernah diatur. Akan tetapi, hal itu penting untuk mencegah kemunculan apa yang disebut oleh Dimas sebagai ‘pemain-pemain politik’.

“Supaya kita menghindari adanya pemain-pemain politik yang sifatnya vernakular, kita harus masuk, kita harus dedicateddengan sebuah tradisi keorganisasian,” jelasnya.

Menurut Dimas, pemimpin harus dilihat komitmennya. Dan hal itu dimulai dari bergabungnya sosok pimpinan itu dengan salah satu parpol.

“Bagaimana seseorang itu mampu untuk dilihat komitmen berpolitiknya. Sehingga, kemudian bisa diawali dengan masuk dalam sebuah organisasi,” sambungnya.*

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘Anies Tidak Jadi Maju Bukan Karena Ridwan Kamil’

JAKARTA – Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah

Hukum Ibarat Tulang, Politik Dagingnya

JAKARTA – Ahli Hukum, Prof Chandra Yusuf, mengibaratkan hukum seperti