2 months ago
1 min read

Transportasi Publik Jakarta Harus Diperbaiki

JAKARTA – Politisi Partai Golkar sekaligus pengusaha infrastruktur tol kawakan, Jusuf Hamka, berpendapat kalau warga Jakarta tidak bisa dipaksa untuk mengurangi penggunaan kendaraan-kendaraan pribadinya.

Penggunaan kendaraan-kendaraan pribadi oleh warga Jakarta hanya bisa dikurangi apabila transportasi publik beserta infrastruktur-infrastruktur penunjangnya diperbaiki. Kalau bisa, angkutan-angkutan publik miliki daerah harus digratiskan.

“Bagaimana kita mau ngurangin? Duit-duit mereka. Kita harus mengurangi dengan cara membuat transportasi publik yang lebih bagus, yang lebih nyaman, dan lebih aman. Kalau kita nggak buat begitu, bahkan kalau perlu transportasi publik yang milik daerah kasih gratis,” ujar pria yang kerap disapa Babah Alun di Total Politik.

Menurut Babah Alun, warga Jakarta yang punya kendaraan pribadi akan tertarik menggunakan transportasi publik karena nyaman. Dan mereka hanya akan menggunakan motor atau mobilnya pada hari-hari libur.

“Gratis (biar) orang-orang yang baru punya beli motor atau mobil dia pasti akan keluar Sabtu-Minggu aja dah. Naik transportasi, naik bis saja gratis, pakai ac lagi, nyaman pula lagi,” sambungnya.

Salah satu masalah yang kini menghambat warga Jakarta menggunakan transportasi publik adalah jeda waktu tunggu yang terlalu lama.

“Nah waktu jeda tunggu ini yang harus kita perbaiki. Coba deh kita bilang, busway itu kadang-kadang nunggu 30 menit (sampai) 1 jam, nih kalau saudara-saudara kita, pekerja-pekerja itu pulang kerja, lelah, ya kan, apalagi kehujanan,” katanya.

Babah Alun berpendapat, kalau jeda waktu tunggu moda-moda transportasi publik harus diperpendek seperti di luar negeri.

“Jadi kita harus jedanya itu (dibuat) maksimal lima menit gitu. Kalau syukur-syukur bisa maksimal stau menit kayak di luar negeri, kayak di Singapura, itu yang kita harus bikin,” lanjutnya.*

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

Bangun Jalan Tol Ribuan Kilometer, Jokowi Perkuat Persatuan Bangsa

JAKARTA – Masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lekat dengan

Karya-Karya Ridwan Kamil di Jakarta

JAKARTA – Calon Gubernur Daerah Khusus Jakarta (DKJ), Ridwan Kamil,