3 months ago
1 min read

Gaya Politik Anies Baswedan

JAKARTA – Miftah Sabri menilai sosok Anies Baswedan masuk dalam tipologi sebagai politisi yang muncul dari proses pemilihan umum (pemilu) langsung di Indonesia, seperti halnya Ridwan Kamil (RK).

“Aku menyebut tipologi Mas Anies ini tipologi politisi yang terlahir karena proses direct election di Indonesia. Dia tipologinya sama kayak Ridwan Kamil,” kata pria yang kerap disebut Paman Sab itu di Total Politik.

Sebagai politisi dengan tipologi tersebut, Anies sejatinya membangun sosoknya sendiri. Tapi ia tidak membangun lembaga-lembaga politik seperti partai politik (parpol).

“Dia orang yang membangun diri, tidak membangun institusi, dia tidak membangun lembaga. Nah, maka yang dibangun terus adalah pesona publik, elektabilitas,” sambungnya.

Miftah mengganggap itu merupakan langkah cerdas seorang Anies. Dalam beberapa kesempatan, Anies juga bisa membangun pertentangan dari pendukungnya terhadap partai-partai yang tidak mendukungnya.

“Yang sometimes menurut saya ya, ini cerdasnya Mas Anies, dia bisa menciptakan kondisi bahwa kalau PKS tidak mendukung saya maka kamu akan dibenci konstituenlah. Ditinggal konstituenlah,” lanjutnya.*

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘Anies Tidak Jadi Maju Bukan Karena Ridwan Kamil’

JAKARTA – Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah

Pramono Jalan Tengah Jokowi, Prabowo dan Megawati

JAKARTA – Jurnalis Senior Tempo, Bambang Harymurti, berpendapat kalau sosok