7 months ago
1 min read

Anies-Ganjar Kompak Gugat Pemilu 2024

Pasangan Capres 01, Anies Baswedan-Muhamimin Iskandar. (Foto: Facebook Anies Baswedan)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya mengumumkan hasil baik Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 pada Rabu (20/3/2024). Dengan itu, KPU meresmikan kemenangan Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, atas dua paslon lainnya.

Pengumuman tersebut langsung disambut oleh Prabowo dengan mengadakan konferensi pers di kediaman Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, malam harinya. Dalam kesempatan itu, Prabowo mengucapkan terima kasih dan memekikkan kata ‘merdeka.’

“Terima kasih. Merdeka! Merdeka! Merdeka! Terima kasih!” kata Prabowo.

Tidak berhenti di situ, Prabowo juga memekikkan takbir karena momennya bertepatan dengan bulan Ramadan.

“Karena ini adalah bukan suci Ramadhan, izinkanlah kami untuk takbir. Allahu akbar! Allahu akbar! Allahu akbar!” teriak Prabowo yang diikuti oleh para pendukungnya.

Namun, suasana perayaan Prabowo tidak dirasakan oleh semua pihak. Paslon lainnya, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar beserta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengumumkan kalau mereka akan memperkarakan hasil pemilu kali ini

Dalam tayangan yang disebarkan ke publik, mereka mengatakan kalau pihaknya akan menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“… ada puluhan juta orang yang menitipkan suara kepada kami berdua. Maka demi memperjuangkan suara mereka yang percaya pada perubahan dan tetap teguh hingga akhir kami memutuskan meminta tim hukum Timnas AMIN untuk maju ke Mahkamah Konstitusi,” kata Cak Imin.

Tim mereka yang dipimpin oleh Pengacara senior Ari Yusuf Amir sudah datang ke MK pagi hari ini (21/3/2024) untuk mendaftarkan gugatan itu.

Sementara, Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, menyampaikan kalau pihaknya akan melayangkan gugatan tiga hari setelah pengumuman KPU.

“Setelah diumumkan, kita ada waktu tiga hari. Dan setelah itu, kita akan  menyiapkan semuanya, dan mungkin tanggal 24 kita akan mendaftar ke MK,” ujar Todung.

Ganjar sendiri mengadakan konferensi pers hari ini. Ia merasa kalau pihaknya memiliki catatan yang sama terkait pemilu yang diselenggarakan tahun ini

“Kami sama-sama punya pikiran bahwa rasanya, saya tidak berkomunikasi langsung soal ini, tapi rasa-rasanya kami punya catatan yang sama soal ini. Dan kita tidak akan membiarkan,” kata Ganjar dalam konferensi pers hari ini.

Di saat yang sama, Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh mengatakan kalau ia menerima hasil penghitungan suara yang baru saja diumumkan.

“Partai NasDem menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari, baik pemilu legislatif maupun pemilihan presiden dan wakil presiden,” ujar Paloh.

Atas nama partainya, Paloh juga menyampaikan ucapan selamat kepada paslon Prabowo-Gibran. “Nasdem mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024,” kata Paloh.*

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

Prabowo Dikabarkan Marah dengan Manuver Revisi UU Pilkada

JAKARTA – Muncul kabar bahwa Presiden terpilih, Prabowo Subianto, sangat

Partai Demokrat Tidak Lanjutkan Pengesahan RUU Pilkada

JAKARTA – Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik