3 months ago
1 min read

PKS Resmi Dukung Khofifah-Dardak di Pilgub Jatim

Juru Bicara (Jubir) PKS Muhammad Kholid. (Foto:  IG Muhammad Kholid)

JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberikan dukungan resmi mereka kepada pasangan calon (paslon) Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2024 mendatang.

Adapun Surat Keputusan (SK) dukungan tersebut diberikan secara langsung oleh Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024).

“Telah memberikan Surat Keputusan pencalonan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur periode 2024-2029,” ujar pembawa acara di DPP PKS.

Juru Bicara (Jubir) PKS Muhammad Kholid mengonfirmasi paslon Khofifah-Dardak sudah mendapatkan dukungan resmi dari PKS. “Ya (diusung). (Penyerahan) SK dukungan,” katanya kepada wartawan.

Terkini, sudah ada tujuh partai politik pemilik kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim yang sudah memberikan dukungan kepada paslon Khofifah-Dardak dalam Pilgub Jatim 2024 nanti.

Ketujuh partai tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan PKS sendiri.

Paslon Khofifah-Dardak juga telah mendapatkan dukungan dari satu partai non-parlemen, yaitu Perindo.

Sementara itu, masih ada tiga partai lainnya yang belum menentukan dukungan dalam Pilgub Jatim 2024.

Partai-partai yang dimaksud adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai NasDem.

PKB mau gandeng PDIP

Sementara itu, PKB sendiri pernah berbicara soal kemungkinan menggandeng PDIP di Pilgub Jatim 2024.

“PKB menunggu pada limit terakhir. Karena PKB cukup tiketnya untuk mengusung. Siapa pun yang nantinya akan dimajukan di Pilgub Jatim. Bisa jadi gandeng dengan PDIP. Tapi sampai hari ini belum ditemukan siapa,” kata Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB, Jazilul Fawaid, Selasa (16/7/2024).

Beberapa nama yang kemungkinan diusulkan PKB adalah Kyai Marzuki dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar.

“Ya yang didorong memang salah satunya Kyai Marzuki, Gus Halim Iskandar, itu yang didorong. Tapi bagaimana nanti skenarionya, saya masih lihat waktunya yang kira-kira pas, sama juga siapa waktunya yang pas,” lanjutnya.* (Bayu Muhammad)

Baca juga: PKB Tunggu Saat yang Tepat Pertemukan Bobby dengan Nagita

 

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

Solusi RK-Suswono Atasi Banjir di Jakarta

JAKARTA – Calon Wakil Gubernur (Wagub) Gubernur Daerah Khusus Jakarta

‘Keputusan MK Rahmat Sekaligus Musibah’

JAKARTA – Politisi senior, Zulfan Lindan, menilai bahwa keputusan Mahkamah