3 months ago
1 min read

Jokowi Jawab Pertanyaan Soal Dukung Bobby karena ‘Mertua’

Presiden Joko Widodo. (Foto: FB Jokowi)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons pertanyaan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat, mengenai dukungan partai-partai politik terhadap Bobby Nasution di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Djarot mempertanyakan apakah partai-partai politik mendukung karena Bobby-nya atau sang mertua, yaitu Jokowi.

Jokowi mengatakan partai-partai politik mengusung seseorang karena elektabilitasnya. “Tanyakan partai-partai, partai-partai itu pinter-pinter, biasanya yang dilihat elektabilitas,” katanya, Kamis (11/7/2024).

“Terutama ketua-ketua yang memimpinnya. Yang dilihat biasanya elektabilitas. Jangan dipikir itu partai… partai itu pintar-pintar, apalagi ketuanya,” sambungnya.

Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, yang mendampingi Jokowi turut nimbrung dan mengatakan memilih sosok yang akan menang nantinya. “Kita pilih yang menang dong,” tegasnya.

Pertanyaan Djarot

Sebelumnya, Djarot mempertanyakan apakah partai-partai politik memberikan dukungan mereka karena sosok Bobby-nya atau lantaran mertuanya.

“Pilkada Sumut, untuk Mas Bobby sudah dapat (dukungan yang banyak). Itu karena Mas Bobby-nya atau karena mertuanya? Itu pertanyaannya,” kata Djarot, Selasa (9/7/2024).

Djarot menyebut partainya akan mendengarkan suara rakyat untuk mengetahui siapa sosok yang mereka inginkan sebagai pemimpin mereka kelak.

“Maka sebab itu ya, kita lebih banyak mendengarkan suara rakyat di sana menghendaki seperti apa,” lanjutnya.

Ia juga menilai koalisi yang besar tidak menjadi jaminan bisa menang dalam Pilgub Sumut 2024.

“Jadi belum tentu juga, pendukung partai yang banyak gitu, raksasa, gemuk, super koalisi kek atau super apa… belum tentu juga (menang). Karena yang menentukan kan rakyat juga,” ujarnya.

Djarot menanyakan kembali apa yang menjadi alasan partai-partai politik mendukung Bobby. Apakah karena faktor kapasitas atau pengaruh dari Jokowi.

“Ya, jadi itu aja pertanyaan saya. Itu betul-betul karena faktor kapasitas dari Mas Bobby atau karena faktor pengaruh dari mertuanya?” lanjutnya.

Sejauh ini, Bobby sudah mendapatkan dukungan dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai NasDem, PAN, Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).* (Bayu Muhammad)

Baca juga: Peran Jokowi dalam Pencalonannya, Bobby: Mendoakan Anaknya

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

Jokowi ‘Groundbreaking’ Proyek Delonix Nusantara Senilai Rp 500 Triliun di IKN

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melaksanakan peletakan batu

Pesawat Kepresidenan Mendarat Perdana di IKN, Jokowi: Lancar

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendarat di Bandara Ibu