3 months ago
1 min read

Surya Paloh Sebut Anies ‘Ranking 1’ di Jakarta

Dari kanan ke kiri: Anies Baswedan, Surya Paloh, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ahmad Saikhu. (Foto: Akun X BennyHarmanID)

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem, Surya Paloh, membahas kemungkinan Anies Baswedan maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta 2024.

Menurut Paloh, Anies masih mendominasi Pilgub DKI Jakarta 2024. Dan yang lain kewalahan apabila harus melawannya nanti.

“Kalau yang saya mendapatkan dari berbagai sumber, ya memang Anies Baswedan yang saat ini, amat sangat mendominasi skor daripada seluruh survei ya. Rankingnya nomor 1. Saya pikir capek juga orang mau hadepin dia di Jakarta ini,” katanya setelah menghadiri acara peluncuran buku ‘Pancasila di Rumahku’ karya Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Senin (24/6/2024).

Setelah itu, Paloh menanggapi kemunculan nama Bendahara Umum (Bendum) Partai NasDem, Ahmad Sahroni, sebagai calon kontestan di Pilgub DKI Jakarta 2024. Adapun namanya diusulkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) DKI Jakarta.

Ia menyinggung kesiapan Sahroni dari segi lahir, batin, dan kemampuan di lapangan. Semua itu akan menentukan performanya kalau maju nanti.

“Coba cek dulu, Sahroni siap apa nggak. Siap itu lahir batin dan siap lapangan juga. Ikut-ikutan nggak menentu aja, terjungkir aja, untuk apa kita,” ujarnya.

NasDem cari elektabilitas

Paloh yakin dengan kemampuan Sahroni. Akan tetapi, ia masih mempertimbangkannya elektabilitas dan kapabilitasnya.

“Ya kita lihat dulu probability-nya. NasDem kan tidak mengutamakan selalu masalah pencalonan ini dalam aspek pendekatan semata-mata dari kader. Ya cari apa yang terbaik kan, selalu itu, konsistensinya. Dan di sana ada dua hal yang selalu menjadi preferensi bagi NasDem untuk menempatkan pilihan akhirnya. Satu, faktor elektabilitas, ya kan. Dua, kapabilitas,” jelasnya.

“Sahroni bisa aja punya kapabilitas, yakin kit aitu, anak muda satu itu. Tapi elektabilitasnya, untuk satu medan lapangan di Jakarta,” lanjutnya.

Kemudian, Paloh juga berkomentar mengenai kemungkinan mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil (RK), maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Ia tidak masalah jika pria yang kerap disapa RK itu nantinya ikut memperebutkan jabatan eksekutif tertinggi di Jakarta.

“Boleh-boleh aja, kan nggak apa-apa. Bagusnya juga kalau memang Pak Ridwan mau kan, biar ada keseimbangan dikit kan,” ujarnya.* (Bayu Muhammad)

Baca juga:

Ahok Masuk Prioritas PDIP di Pilgub Jakarta

JK Beri Tanggapan soal Wacana Duet Anies-Kaesang

NasDem: Anies ‘Hot’ Susah Dilawan

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘Anies Tidak Jadi Maju Bukan Karena Ridwan Kamil’

JAKARTA – Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah

Megawati Tak Setuju dengan Sosok Anies

JAKARTA – Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis, menilai kalau