2 months ago
1 min read

Ribuan Warga Gaza Mengungsi dari Khan Younis

Warga Gaza meninggalkan Khan Younis. (Foto: Aljazeera)

JAKARTA – Ribuan orang telah kabur dari kota Khan Younis di Gaza Selatan setelah militer Israel mengumumkan operasi militer baru untuk mengusir militan-militan Hamas yang dipercaya sedang mengungsi di sana.

Bahkan di kawasan al-Jala, yaitu bagian selatan Khan Younis, yang sempat dijadikan zona kemanusiaan oleh militer Israel, para penduduk telah mengemasi barang-barang milik mereka.

Seorang warga berusia 42 tahun, Amal Abu Yahia, mengatakan sudah tidak tahu harus pergi ke mana lagi. Ia mengaku kalau perpindahan itu merupakan yang keempat kalinya dalam perang Israel-Hamas di Jalur Gaza ini.

Adapun kebanyakan dari Jalur Gaza sudah menjadi reruntuhan. Kota Khan Younis sendiri mengalami kehancuran yang luas dalam kampanye Israel Defense Forces (IDF) yang berlangsung selama berbulan-bulan untuk menguasainya pada awal tahun.

Kini, pasukan-pasukan Israel terpaksa kembali ke area-area yang sebelumnya sudah diyakini aman dari milisi-milisi Hamas. Mereka harus kembali bertempur dengan Hamas dan kelompok milisi-milisi lainnya yang berkumpul di area-area perkotaan.

‘Warga Gaza terjebak’

Pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertanggungjawab mengurus pengungsi, Philippe Lazzarini, mengatakan warga Gaza terjebak dan tidak punya tempat lagi untuk melarikan diri.

“Masyarakat Gaza terjebak dan tidak punya tempat tujuan. Hanya dalam beberapa hari terakhir, lebih dari 75.000 orang mengungsi di barat daya Gaza,” ujarnya.

Lazzarini juga menjelaskan kalau para pengungsi akan pergi ke tempat-tempat yang sudah penuh dan sesak.

“Ada yang hanya mampu membawa anak-anaknya, ada pula yang membawa seluruh hidupnya dalam satu tas kecil. Mereka pergi ke tempat-tempat yang penuh sesak dimana tempat penampungan sudah penuh,” sambungnya.

Keadaan menjadi semakin pelik bagi para pengungsi di Jalur Gaza karena tidak dapat kepastian mengenai zona kemanusiaan yang aman. Kawasan-kawasan yang sebelumnya ditetapkan sebagai zona kemanusiaan oleh Israel juga menjadi sasaran pengeboman dari waktu ke waktu.

Sekarang, militer Israel akan melancarkan operasi baru di Khan Younis di tengah-tengah munculnya spekulasi bahwa perundingan gencatan senjata akan berlanjut di Kairo atau Doha minggu ini.* (Bayu Muhammad)

Baca juga: Amerika hingga Yordania Minta Iran Menahan Diri

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

Israel dan Hezbollah Saling Serang

JAKARTA – Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan urusan

Warga Israel Mengaku Tak Dilukai Hamas Selama Disandera

JAKARTA – Noa Argamani, yang dibebaskan dari penyanderaan Hamas di