2 months ago
1 min read

Politik Indonesia Punya Semangat Gotong Royong

JAKARTA – Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis, memahami Indonesia sebagai negara yang kehidupan politiknya dibangun atas dasar semangat gotong-royong. Sehingga, Indonesia sejatinya tidak mengenal politik yang pelaksanaannya bersifat winner takes all.

Menurut Kamis, sifat tersebut tidak hanya ditemukan di Indonesia. Amerika Serikat (AS) yang terkenal liberal pernah memiliki presiden, yaitu Abraham Lincoln yang menjadikan rivalnya, William Seward sebagai menterinya.

“Tapi Anda jangan lupa di negara liberal juga Abraham Lincoln itu pernah mengambil rival politiknya masuk menjadi menteri. Di periode pertama, Abraham Lincoln itu (mengangkat) Seward Menteri Sekretaris Negara kalau tidak salah pada waktu itu,” katanya di Total Politik.

Kemudian, Kamis menjelaskan bahwa Indonesia tidak seperti negara-negara Barat. Indonesia punya semangatnya sendiri dalam menjalankan kehidupan politik. Dan semangat itu adalah gotong royong.

“Dan di atas itu semua ini Indonesia bos, ini bukan Barat nih. Kita punya filsafat apa, kita punya pondasi kolektif ya. Ini bangsa dibangun dengan semangat kolektif, semangat gotong-royong, semangat sebagai satu bangsa. Beda dengan bangsa-bangsa lain,” terangnya.

Sehingga, gaya berpolitik yang berasaskan kepada winner takes all tidak bisa dijalankan. Politik di Indonesia mengutamakan kerja sama sejauh masih bisa dilakukan.*

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘Kotak Kosong juga Pilihan dalam Demokrasi’

JAKARTA – Ketua DPD Partai Golkar Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar,

Kotak Kosong Bisa Menang

JAKARTA – Ketua DPD Partai Golkar Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar,