4 months ago
1 min read

Utut: PDIP Bisa Menang Pilkada kalau Gandeng Anies

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Utut Adianto. (Foto: TVone)

JAKARTA – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Utut Adianto, mengungkapkan partainya belum punya keputusan untuk mendukung siapa dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 mendatang.

Akan tetapi, ia berharap agar kader PDIP dipasangkan dengan Anies Baswedan sebagai calon wakil gubernur (cawagub).

“Kalau memang misalnya Pak Anies berpasangan dengan kader kami jadi wagubnya, tentu sekali lagi ini belum diputus, ini pandangan personal, itu akan sangat baik,” katanya di Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Utut mengatakan kalau prioritas di Pilkada Jakarta 2024 adalah untuk menang. Dan Anies memiliki elektabilitas yang tinggi untuk mengikuti kontestasi.

“Pemahaman saya sebagai pribadi, itu kita kalau pilkada itu prioritasnya menang, itu sebabnya kalau menurut hemat saya, dari sisi popularitas, elektabilitas, dugaan saya, Pak Anies tentu punya posisi yang baik,” jelasnya.

Hingga kini, PDIP masih mencermati keadaan di lapangan. Termasuk mengenai kemungkinan memajukan kadernya sendiri jadi Cagub Jakarta jika mampu.

“Ini kan semua masih melihat, tapi kalau ada yang diperkirakan mampu jadi nomor 1, ya majulah,” lanjutnya.

‘Kebalap PKB’

Sebelumnya, Anies sendiri sudah mendapatkan tiket untuk maju di Pilkada Jakarta 2024 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dukungan tersebut diberikan setelah PKB mengadakan serangkaian proses internal untuk menentukan siapa sosok yang akan mereka majukan dalam kontestasi elektoral mendatang di Jakarta.

“Seluruh proses-proses pencalonan pilkada untuk tahun 2024-2029 itu sudah kita proses. Puncaknya tanggal 8-9 itu kita mengadakan raker (rapat kerja) desk Pilkada DKI (Daerah Khusus Ibu Kota) Jakarta di Puncak untuk menentukan calon,” kata Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jakarta, Hasbiallah Ilyas, Rabu (12/6/2024).

Habis melalui proses-proses internal itu, PKB memutuskan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon tunggal di Pilkada Jakarta 2024.

“PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal, yaitu untuk mencalonkan di 2024-2029, Desk Pilkada Gubernur DKI Jakarta,” sambungnya.

Hasbiallah juga mengungkapkan partainya sudah berkomunikasi dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk memajukan duet Anies dengan Ketua Umum (Ketum) PSI, Kaesang Pangarep.

“Kita terbuka dengan wakil gubernur siapa pun. Siapa pun kita terbuka, termasuk dengan Mas Kaesang yang kemarin di media kan, tersebar itu di media bahwa Mas Kaesang mau menjadi wakil Pak Anies kan. Kita juga bersedia kalau Mas Kaesang memang mau mencalonkan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Kita juga sudah komunikasi dengan PSI. Siapa pun kita terbuka,” ujarnya.* (Bayu Muhammad)

Baca juga:

Gerindra Tak Gentar Hadapi Anies di Pilkada Jakarta

Galau SS di Pilkada Jakarta

Kans Erick Thohir dan RK di Pilkada Jakarta 2024

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘Anies Tidak Jadi Maju Bukan Karena Ridwan Kamil’

JAKARTA – Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah

Megawati Tak Setuju dengan Sosok Anies

JAKARTA – Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis, menilai kalau