5 months ago
1 min read

Anies Pikirkan Serius Kans Maju Pilgub Jakarta 2024

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: FB Anies Baswedan)

JAKARTA – Mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus calon presiden (capres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Anies Baswedan, memikirkan serius dukungan kepadanya untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024 yang akan datang.

“Saya terima kasih, itu sebuah kehormatan, sebuah penghargaan. Kami sedang memikirkan itu secara serius,” ujarnya, Senin (20/5/2024).

Ketika ditanya mengenai dukungan partai terhadapnya jika jadi maju dalam pilgub berikutnya di ibu kota, Anies hanya meminta publik untuk menunggu. “Kita lihat nanti,” ujarnya.

Belakangan, Anies mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk maju mempertaruhkan kursi gubernur dalam Pilgub DKI Jakarta 2024.

Salah satunya diberikan oleh Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) yang terdiri dari rakyat-rakyat miskin kota di Jakarta. Menurut mereka, Anies telah membuat warga miskin kota lebih dimanusiakan selama menjadi gubernur Jakarta.

“Harapan kami timbul lagi, oh coba kami dorong bapak kembali duduk di DKI supaya masyarakat yang dimarjinalkan kembali dimanusiakan. Karena masih banyak banget warga miskin kota yang tak dianggap keberadaannya,” kata anggota JRMK, Eny Rohayati, Minggu (19/5/2024).

Anies maju lagi?

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno, meragukan Anies bisa maju untuk mempertaruhkan posisi Gubernur DKI Jakarta lagi dalam Pilgub 2024.

Pasalnya, kata Adi, Anies belum mendapatkan dukungan penuh dari pihak-pihak yang menunjukkan minat untuk mengusungnya dalam kontestasi elektoral berikutnya di Jakarta.

“Sejauh ini, hanya NasDem yang terlihat berminat. Itu pun masih kelihatan setengah hati. Jika NasDem bergabung dengan koalisi Prabowo-Gibran, sangat mungkin NasDem tak lagi berminat ke Anies,” jelas Adi ketika dihubungi Totalpolitik.com, Selasa (21/5/2024).

Sementara itu, ia menilai dukungan PKS kepada Anies sudah berakhir. “PKS sudah end dengan Anies soal Pilgub Jakarta,” sambungnya.

Kemudian, Adi juga menilai kelas politik Anies akan turun jika memutuskan bertarung dalam Pilgub DKI Jakarta 2024 mendatang.

“Apapun judulnya, jika Anies maju di Jakarta lagi, secara otomatis itu menurunkan level politik Anies yang mulai menasional (kembali) ke lokal,” tandas Adi.

NasDem buka peluang

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem, Hermawi Taslim, mengungkapkan pihaknya terbuka untuk memajukan Anies dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. “Sangat terbuka,” ujar Hermawi, Senin (20/5/2024).

Hermawi menjelaskan, Partai NasDem memberikan kesempatan kepada siapa pun yang berpikir untuk maju dalam kontestasi elektoral yang disinggung.

“Seyogianya kita beri kesempatan kepada setiap orang termasuk Anies untuk memikirkan dengan matang langkah maju Pilgub. NasDem mempertimbangkan dengan sungguh-sungguh aspirasi masyarakat yang muncul atas para kandidat,” sambungnya.

Terlebih, Hermawi menilai Anies merupakan tokoh yang sudah teruji dan memiliki reputasi. Ia juga punya sejarah sebagai deklarator dan kandidat presiden dari Partai NasDem.

“Apalagi orang-orang yang sudah teruji dan punya reputasi seperti Anies. NasDem punya historical tersendiri dengan Anies, baik sebagai deklarator ormas NasDem maupun sebagai kandidat presiden yang diusung oleh NasDem pada Pilpres 2024,” ujar Hermawi.* (Bayu Muhammad)

Baca juga:

Bobby Nasution Masuk Gerindra

Pengamat: Yusril Mundur dari Ketum Agar Tak Bebani PBB

Jokowi Kenalkan Prabowo kepada Tokoh-Tokoh Dunia

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘Anies Tidak Jadi Maju Bukan Karena Ridwan Kamil’

JAKARTA – Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah

Megawati Tak Setuju dengan Sosok Anies

JAKARTA – Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis, menilai kalau