2 months ago
1 min read

Demo Mahasiswa Berlanjut di DPR hingga Sore

Unjuk rasa penolakan RUU Pilkada di depan gedung DPR/MPR. (Foto: Totalpolitik.com)

JAKARTA — Unjuk rasa menolak revisi RUU Pilkada di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia memperlihatkan lebih dari satu gabungan massa yang berkonsentrasi di beberapa titik.

Massa gabungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) beberapa kampus, salah satunya Universitas Indonesia (UI) terkumpul di gerbang utama DPR. Di atas mobil komando ada perwakilan dari Institute Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Unnes (Universitas Negeri Semarang).

Mahasiswa dari berbagai universitas mengitari mobil komando tersebut dengan menggenakan jaket almameter kampus masing-masing.

Waktu sudah menunjukkan saatnya ibadah salat Ashar bagi para Muslim. Suara adzan pun berkumandang dari atas mobil komando.

Sementara itu, massa di pagar sebelah kanan kompleks DPR RI yang membentang di jalanan ke arah Palmerah jebol.

Massa beserta aktivis-aktivis yang berorasi diadang oleh pihak kepolisian yang mengenakan rompi pelindung mereka dilengkapi oleh tameng untuk mengendalikan massa.

Pihak yang berwenang sudah berkali-kali memperingatkan massa, termasuk para wartawan untuk mundur dari titik itu.

Anggota DPR dari Fraksi Gerindra, Habiburokhman, sudah mengatakan tidak akan ada pengesahan RUU Pilkada yang kontroversial. Adapun RUU tersebut jadi penyebab berlangsungnya unjuk rasa hari ini.*

Kini, para mahasiswa, mengikuti arahan dari mobil komando, mencoba untuk mendobrak masuk ke kompleks DPR RI lewat pintu depannya.* (Bayu Muhammad)

Baca juga: Aktivis 98 Gelar Aksi Tolak RUU Pilkada

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘Hentikan Brutalitas Polisi’ 

JAKARTA – Menanggapi rangkaian kekerasan dan tindakan represif polisi dalam

DPR Ketok PKPU Pilkada sesuai Putusan MK

JAKARTA – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia