3 months ago
1 min read

Garuda Indonesia Angkut Bantuan untuk Korban Longsor PNG

Pesawat Garuda mengangkut bantuan untuk korban longsor Papua Nugini. (Foto: Dok. Garuda Indonesia)

JAKARTA – Maskapai nasional Garuda Indonesia menerbangkan bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan, obat-obatan, dan bantuan lainnya ke Papua Nugini untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana tanah longsor.

Pengiriman bantuan tersebut diprakarsai oleh pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dan menggunakan armada Garuda Indonesia, yaitu Airbus A330-200.

Penerbangan bantuan dengan muatan sebesar 14,5 ton itu dilepas secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma.

Dalam pelepasan itu, Jokowi mengatakan Indonesia harus membantu saudara-saudaranya di Papua Nugini yang terkena bencana alam.

“Perubahan iklim dan pemanasan global telah menimbulkan anomali cuaca, memicu terjadinya berbagai bencana di mana pada tanggal 24 Mei 2024 lalu, telah terjadi bencana tanah longsor yang dahsyat di Provinsi Enga, Papua Nugini. Kita harus membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, karena itu hari ini akan kita kirimkan bantuan kemanusiaan dalam bentuk obat-obatan, makanan tambahan, dan medicine kit,” katanya, Senin (8/7/2024).

Kemudian, Jokowi juga berpesan agar personal-personil yang menjalankan misi pengiriman bantuan itu bisa kembali pulang ke tanah air dengan selamat.

“Saya berpesan kepada delegasi yang menjalankan misi kemanusiaan ini dapat menjalankan amanah sebaik-baiknya dan pulang kembali ke Tanah Air dalam kondisi sehat,” sambungnya.

Komitmen Garuda Indonesia

Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menyampaikan bahwa penerbangan tersebut merupakan bentuk komitmen maskapai yang ia pimpin untuk berada di garda terdepan mendukung misi Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan bagi dunia.

“Kembali dipercaya untuk turut berpartisipasi dalam mendistribusikan inisiasi bantuan kemanusiaan dari pemerintah tentunya menjadi momen penuh arti tersendiri bagi kami khususnya dalam merealisasikan dukungan kami untuk menjembatani misi kebangsaan dan wujud solidaritas antarnegara bagi masyarakat Papua Nugini yang saat ini tengah membutuhkan dukungan dari berbagai pihak,” jelasnya.

Pengiriman bantuan kemanusiaan ke Papua Nugini dilaksanakan melalui koordinasi dengan berbagai pihak. Irfan berharap hal itu bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Papua Nugini.

“Pada kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan sekaligus sinergi yang telah terjalin dengan berbagai pihak yang telah mendukung kelancaran seluruh proses penerbangan kemanusiaan ini,” ujarnya.

“Kiranya kolaborasi berbagai pihak dalam misi kemanusiaan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat Papua Nugini namun juga dapat menyampaikan semangat dan pesan persaudaraan bagi masyarakat dunia,” tandas Irfan.

Ini bukan kali pertamanya Garuda Indonesia menerbangkan bantuan kemanusiaan. Sebelumnya, maskapai tersebut juga pernah mengirimkan bantuan untuk korban bencana siklon Mocha di Myanmar. Selain itu, mereka juga sempat mengirimkan bantuan untuk masyarakat Turki dan Suriah.* (Bayu Muhammad)

Baca juga: Saudi Airlines Turut ‘Delay’, Pengamat: Operasional Haji Kompleks

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

Garuda Indonesia Dukung Penyelenggaraan PON XXI

JAKARTA – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia turut berkontribusi dalam
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. (Foto: Istimewa)

Garuda Catat Pertumbuhan pada Kuartal II

JAKARTA – Maskapai Perseroan Terbatas (PT) Garuda Indonesia membukukan pertumbuhan