4 months ago
1 min read

Wacana Duet Anies-PDIP, Ganjar: Jangan Dipaksakan

Politikus PDIP Ganjar Pranowo. (Foto: FB Ganjar Pranowo)

JAKARTA – Nama Anies Baswedan menjadi salah satu yang diusung oleh elemen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Eks kandidat presiden dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Ganjar Pranowo, mengomentari hal itu.

Ia mengungkapkan PDIP selalu mempersiapkan diri untuk menghadapi Pilkada dengan memajukan baik kadernya maupun yang bukan.

“Sebenarnya setiap mau Pilkada rekrutmen di PDI Perjuangan terbuka. Ada disiapkan kader sendiri, ada biasanya yang non kader juga mendaftar,” katanya, Senin (17/6/2024).

Ganjar menjelaskan kalau calon-calon itu akan mengikuti proses rekrutmen hingga seleksi menjadi calon yang akan dimajukan oleh PDIP di pilkada.

“Pasti akan melalui proses, satu rekrutmen mereka mendaftar, nanti proses seleksi. Itulah proses-proses pertimbangan yang akan diambil dan sekarang masih berjalan. Maka kita tinggal tunggu aja nanti,” lanjutnya.

Ia juga menerangkan PDIP bisa mengusung sosok-sosok yang berasal dari luar partai. Hanya saja, mereka akan dihadapkan kepada kesepakatan soal nilai-nilai.

“Seandainya kita mendukung atau mengusung calon dari luar apa kemudian kesepakatan yang bisa kita ambil, nilai-nilai demokrasilah, secara ideologislah. Bagaimana kita bersikap terhadap situasi yang sekarang makin tidak mudahlah, agar kemudian politisi yang kita dukung nanti bisa konsisten,” ujarnya.

Terkait dengan sosok Anies sendiri, Ganjar mengatakan masih ada banyak hal yang perlu dibicarakan. Dan agar PDIP tidak memaksakan diri.

“Itu yang musti diobrolkan, dan mudah-mudahan bisa bernegosiasi, tapi seandainya tidak cocok menurut saya juga tidak dipaksakan,” ucapnya.

Saling lirik

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP sudah mencantumkan nama Anies dalam surat rekomendasi kepada partai untuk calon-calon yang akan dimajukan di Pilkada Jakarta 2024.

“Sudah disampaikan semua nama-nama yang terjaring, termasuk Anies,” kata Sekretaris DPD PDIP Jakarta, Pantas Nainggolan, Selasa (11/6/2024).

Pantas mengungkapkan hal itu sudah dilakukan sebelum acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP ke-V lalu.

“Sudah lama malah ya, sebelum Rakernas puncaknya disampaikan secara massal waktu Rakernas partai yang kemarin,” ujarnya.

Anies sendiri membenarkan adanya komunikasi yang dijalin oleh pihaknya dengan PDIP. Ia menghargai kepercayaan yang telah disampaikan.

“Komunikasinya intensif dengan teman-teman di PDI Perjuangan, dan kami menghargai sekali kepercayaan yang disampaikan. Jadi kami mengapresiasi sekali proses masih jalan. Kita lihat nanti seperti apa,” ucap Anies, Jumat (14/6/2024).* (Bayu Muhammad)

Baca juga:

Pengamat: PKS-PDIP Mengusung Anies Menarik

Anies: PDIP Juga Menarik

PDIP Jakarta Kirim Rekomendasi Pencalonan Anies

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘Anies Tidak Jadi Maju Bukan Karena Ridwan Kamil’

JAKARTA – Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah

Megawati Tak Setuju dengan Sosok Anies

JAKARTA – Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis, menilai kalau