2 months ago
1 min read

Pengamat: Dukungan KIM ke RK Tunjukkan Kekuatan Koalisi Prabowo-Gibran

Direktur Eksekutif FIXPOLL Indonesia, Mohammad Anas RA. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Direktur Eksekutif FIXPOLL Indonesia, Mohammad Anas RA, menilai langkah Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendeklarasikan mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, dan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Siswono, merupakan simbol kekuatan koalisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming ke depannya.

Ia juga meramal hanya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang disisakan menjadi oposisi di luar pemerintahan.

Anas mengatakan langkah KIM mengusung pasangan calon (paslon) RK-Siswono di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Daerah Khusus Jakarta (DKJ) 2024 mendatang dilakukan untuk melobi dan merangkul partai politik-partai politik (parpol) yang masih berada di luar KIM.

“Upaya menyatukan dukungan parpol untuk Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Jakarta dengan mengusung Ridwan Kamil-Siswono adalah upaya Prabowo-Gibran melobi dan merangkul parpol diluar KIM,” ujarnya, Senin (19/8/2024).

Anas menyorot ditariknya Perindo dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dari koalisi lama paslon presiden dan wakil presiden nomor urut 03 ke barisan KIM.

Begitu juga dengan Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang ditarik ke dalam barisan pendukung RK-Siswono. Sebelumnya, tiga partai tersebut mengusung paslon presiden dan wakil presiden nomor urut 01.

“Di koalisi PDI-Perjuangan, Partai Perindo dan PPP ikut gabung. Sedangkan koalisi Nasdem- PKB-PKS secara utuh gabung di KIM ‘Plus’,” sambungnya.

‘Rekonsiliasi nasional’

Anas juga menilai langkah KIM memunculkan paslon RK-Siswono sebagai simbol rekonsiliasi nasional yang akan dimulai di Jakarta.

“Partai koalisi RK-Siswono adalah simbol rekonsiliasi nasional yang dimulai di Jakarta sebagai epicentrumpolitik nasional,” lanjutnya.

Beberapa waktu lalu, KIM bersama beberapa parpol lainya memberikan dukungan resmi kepada paslon RK-Siswono.

Deklarasi tersebut diadakan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2024). Dan dihadiri petinggi-petinggi dari parpol-parpol pendukung.

Kini, paslon RK-Siswono mendapatkan dukungan dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Gelora, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).* (Bayu Muhammad)

Baca juga: KIM Plus Resmi Dukung Ridwan Kamil

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘Anies Tidak Jadi Maju Bukan Karena Ridwan Kamil’

JAKARTA – Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah

Megawati Tak Setuju dengan Sosok Anies

JAKARTA – Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis, menilai kalau