2 months ago
1 min read

RK Respons Isu Maju dengan Suswono di Pilgub DKJ

Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil. (Foto: FB Ridwan Kamil)

JAKARTA – Politisi Partai Golkar sekaligus mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil atau RK, merespons isu kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) jadi gandengannya sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Daerah Khusus Jakarta (DKJ) 2024 mendatang.

Pria yang kerap disapa RK tersebut memberikan tanggapan itu setelah menghadiri Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 yang diadakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Awalnya, RK menjelaskan tujuan dirinya menggunakan baju adat khas daerah Jakarta dalam acara perayaan HUT RI ke-79 itu. Katanya, pemakaian atribut tersebut menandakan kesiapan untuk maju di Pilgub DKJ 2024.

“Menunjukkan kesiapan maju Jakarta,” katanya, Sabtu (17/8/2024).

Ketika ia ditanya perihal kader PKS, Suswono, yang dikabarkan menjadi cawagubnya, ia tidak memberikan jawaban yang jelas. Tapi ia tidak menepisnya. “Hehe.. kurang lebih,” jawabnya.

RK mengatakan deklarasi pencalonannya di Pilgub DKJ 2024 akan dilakukan dalam waktu dekat. Ia mengatakan hal itu akan dilakukan pada Hari Senin.

Namun, ia enggan untuk mengungkapkan partai politik (parpol) mana saja yang akan bergabung untuk mendukung dirinya nanti. Ia meminta untuk menunggu sampai dengan pengumuman saja.

Profil politisi veteran

Adapun Suswono yang namanya santer dibicarakan kini pernah menjadi Menteri Pertanian (Mentan) dalam kabinet Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ia juga pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2004-2009. Pada saat itu, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR dari Fraksi PKS.

Di luar kiprahnya dalam bidang politik, Suswono juga pernah menjadi Penasihat Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Pembina Masyarakat Ekonomi Syariah, Penasihat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), dan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bogor.

Ia juga merupakan Ketua Umum (Ketum) Yayasan Ummul Quro Bogor serta Dosen Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

Dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) sebelumnya, Suswono mendapatkan 53.134 suara. Tapi suaranya masih kalah dengan rekan separtainya, Ecky Awal Mucharam.* (Bayu Muhammad)

Baca juga: Surya Paloh: Anies sedang Belajar Sekolah Kehidupan

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘Anies Tidak Jadi Maju Bukan Karena Ridwan Kamil’

JAKARTA – Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah

Megawati Tak Setuju dengan Sosok Anies

JAKARTA – Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis, menilai kalau