2 months ago
1 min read

Menyusuri Asal-Usul Istilah ‘Korea’

JAKARTA – Bambang ‘Pacul’ Wuryanto menjelaskan asal-usul kata ‘Korea’ yang kini menjadi istilah untuk menunjuk kepada seseorang yang berasal dari kalangan bawah.

Menurut pria yang kerap disapa Bambang Pacul itu, istilah Korea berasal dari orang-orang Semenanjung Korea yang dibawa ke Indonesia untuk melakukan kerja paksa sebagai romusha oleh Jepang saat Perang Dunia II.

“Yang kedua adalah para Korea yang sudah dijajah di Semenanjung Korea sana, ketika diambil penjajah Jepang bawa ke sini, inilah Korea-Korea yang bekerja di kelas paling bawah dari romusha,” katanya dalam acara Kongkow Bambang Pacul Edisi Malang bersama Total Politik.

Orang-orang Korea yang dibawa dari tanah airnya diembankan pekerjaan-pekerjaan yang berat. Mereka kemudian dianggap sebagai orang-orang kelas bawah oleh priyayi-priyayi di Indonesia.

Kemudian, kata ‘Korea’ menjadi padanaan kata untuk orang-orang yang berasal dari kalangan bawah hingga kini.

“Itu kerjanya berat, tapi militansinya kelas ‘A’. Inilah yang kemudian karena dianggap kelas bawah. Para petinggi kita, priyayi kita, yang pernah dilewati Jepang, manggilnya kalau ke kawan-kawan orang bawah, disebutlah ‘Korea-Korea’,” jelasnya.

Orang-orang Korea yang dibawa ke Indonesia melakukan kerja-kerja yang kasar. Salah satunya adalah memindahkan barang-barang Jepang dari satu tempat ke tempat lain.

“Itu karungnya disuruh nurunin, Korea-Korea itu disuruh nurunin karung dari truk, seperti itu. Jadi pasukan kelas bawah. Understand?” ujarnya.*

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘70 Juta Penduduk Tapi Sulit Cari 22 Pemain’

JAKARTA – Isu naturalisasi pemain sepak bola kembali menjadi perdebatan

KKS Bangkitkan Mentalitas ‘Korea’ Pemain Bola Jateng

JAKARTA – Inisiator Korea-Korea Selecao (KKS), Bambang ‘Pacul’ Wuryanto, menjelaskan