3 months ago
1 min read

PKS Harap Anies Bisa Tarik Partai Lain Dukung AMAN

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu. (Foto: Akun X DPP PKS)

JAKARTA – Baru-baru ini, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu, bertemu dengan Anies Baswedan di Lebak Bulus.

Kedatangannya dinilai untuk menyampaikan kesepakatan tindak lanjut dari pasangan calon (paslon) Anies-Sohibul Iman (AMAN).

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan sudah ada partai-partai lain yang setuju mengusung Anies sebagai calon gubernur (cagub) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Daerah Khusus Jakarta (DKJ) 2024 mendatang.

“Kan sudah ada beberapa partai yang menyampaikan setuju Pak Anies sebagai calon gubernur, PKB menyatakan demikian, NasDem demikian, bahkan PDIP menyatakan demikian,” katanya, Jumat (19/7/2024).

HNW juga menyampaikan harapannya Anies bisa meyakinkan partai-partai lain untuk berlayar dengan PKS.

“Tentu kan setelah beliau menimbang-nimbang yang terbaik, tentu harapannya adalah beliau bisa meyakinkan partai-partai lain berlayar bersama dengan PKS ini. Sehingga dengan demikian, maka cita-cita untuk adanya perubahan atau bisa menghadirkan Jakarta yang memang bukan lagi ibu kota, dalam konteks UU IKN, tapi jadi kota khusus, daerah khusus, dengan menjadi pusat ekonomi, kota global,” lanjutnya.

HNW mengatakan itu sebagai bentuk penegasan kembali dukungan PKS terhadap Anies sebagai cagub. Tidak hanya itu, posisi Sohibul sebagai calon wakil gubernur (cawagub) nya juga turut dipertegas.

“Setahu saya ini menegaskan kembali tentang sikap PKS untuk mendukung Pak Anies sebagai cagub dan PKS juga mengajukan Pak Sohibul Iman sebagai cawagubnya. Dan keputusan itu disampaikan kembali pada Pak Anies sambil juga menyampaikan progres di internal PKS,” ujarnya.

Harapan besar PKS

Ia juga menerangkan pihaknya sudah melakukan konsolidasi. Kader-kader PKS juga diminta untuk melakukan sosialisasi paslon AMAN dengan maksimal.

“Di mana sudah dilakukan konsolidasi untuk kemudian diinstrusikkan pada seluruh kader dan struktur untuk mulai sosialisasi maksimal terhadap pasangan AMAN ini dengan membuat baliho, banner dan sebagainya,” sambungnya.

Akan tetapi, PKS masih belum bisa mengusung calonnya sendiri dalam Pilgub Jakarta 2024. Mereka masih kekurangan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta untuk melakukan itu.

Sehingga, Anies diharapkan bisa meyakini partai-partai yang lain untuk berlayar satu perahu dengan PKS nantinya.

“Apapun faktanya adalah PKS masih secara formal masih sendiri gitu ya. Dan karenanya kursi kita kan untuk mengajukan masih kurang 4 gitu, tentu harapannya adalah PKS sudah bekerja demikian banyak gitu ya, dan tentu harapannya Pak Anies juga bisa melakukan aktivitasnya untuk bisa memenuhi persyaratan ini sehingga bisa berlayar bersama dengan PKS,” ucapnya.* (Bayu Muhammad)

Baca juga: NasDem: Anies Lawan Ahok Sudah Pernah Terjadi

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘Anies Tidak Jadi Maju Bukan Karena Ridwan Kamil’

JAKARTA – Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah

Megawati Tak Setuju dengan Sosok Anies

JAKARTA – Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis, menilai kalau