3 months ago
1 min read

Khofifah Komunikasi dengan PDIP, Bicara Rekonsiliasi Nasional di Jatim

Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Pemprov Jatim)

JAKARTA – Calon Gubernur (Cagub), Khofifah Indar Parawansa, yang akan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2024 mengatakan pihaknya menjalin komunikasi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Kita membangun komunikasi. Ya kan dengan Ketua PDIP Jatim Pak Said juga kita berkomunikasi,” katanya, Kamis (18/7/2024).

Ia menerangkan bahwa pihaknya telah membangun komunikasi yang semaksimal mungkin dengan semua partai politik. Ia juga berharap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim bisa jadi percontohan untuk rekonsiliasi nasional,” sambungnya.

Menurut Khofifah, membangun Jatim sama dengan membangun Nusantara. Ia meyakini kalau pembangunan di Jatim berarti penguatan semangat ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

“Karena membangun Jatim ini berarti membangun Nusantara. Membangun Jatim berarti penguatan Bhinneka Tunggal Ika,” lanjutnya.

Terkini, pasangan calon (paslon) Khofifah-Emil Dardak sudah mendapatkan dukungan dari tujuh partai politik yang punya kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim, yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

PKS menjadi partai terbaru yang memberikan dukungan mereka kepada paslon Khofifah-Dardak. Surat Keputusan (SK) nya sudah diberikan hari Kamis minggu ini secara langsung oleh Presiden PKS, Ahmad Syaikhu.

“Telah memberikan Surat Keputusan pencalonan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur periode 2024-2029,” ucap pembawa acara di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS.

Paslon tersebut juga mendapatkan dukungan dari satu partai non-parlemen, yaitu Perindo.

Potensi duet PKB-PDIP mengintai

Sementara itu, masih ada tiga partai yang belum menentukan dukungan mereka dalam Pilgub Jatim 2024.

Mereka adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai NasDem.

Beberapa waktu lalu, PKB pernah berbicara mengenai kemungkinan berduet dengan PDIP dalam Pilgub Jatim 2024.

“PKB menunggu pada limit terakhir. Karena PKB cukup tiketnya untuk mengusung. Siapapun yang nantinya akan dimajukan di Pilgub Jatim. Bisa jadi gandeng dengan PDIP. Tapi sampai hari ini belum ditemukan siapa,” jelas Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB, Jazilul Fawaid, Selasa (16/7/2024).

Adapun beberapa nama yang berpotensi untuk dimajukan oleh PKB itu sendiri adalah Kyai Marzuki dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar.

“Yang didorong memang salah satunya Kyai Marzuki, Gus Halim Iskandar, itu yang didorong. Tapi bagaimana nanti skenarionya, saya masih lihat waktunya yang kira-kira pas, sama juga siapa waktunya yang pas,” sambungnya.* (Bayu Muhammad)

Baca juga: PKS Resmi Dukung Khofifah-Dardak di Pilgub Jatim

 

 

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

PDIP Umumkan Ratusan Calon Kepala Daerah

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP),

Petinggi PDIP Bicara ‘Kans’ Dukung Anies di Jakarta

JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP),