3 months ago
1 min read

Grace Natalie Bantah Pernyataan Djarot IKN Belum Siap

Stafsus Presiden Grace Natalie. (Foto: FB Grace Natalie)

JAKARTA – Staf Khusus Presiden, Grace Natalie, mengatakan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dikerjakan secara cermat. Dan pembangunannya tidak mengandung unsur pemaksaan sama sekali.

“Proses pengerjaan IKN dikerjakan dengan perhitungan yang cermat. Tidak ada upaya pemaksaan sama sekali. Seluruh prosedur dilalui, tidak ada yang dilewati,” katanya, Kamis (11/7/2024).

Grace membantah Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Djarot Saiful Hidayat, yang menganggap pembangunan IKN sebagai langkah yang tergesa-gesa.

Ia kemudian menantang Djarot untuk datang sendiri ke IKN. Ia khawatir kalau Djarot akan mendapatkan informasi yang menyesatkan jika hanya melihat dari jauh.

“Silakan Pak Djarot datang sendiri ke IKN. Kalau hanya melihat dari jauh, sangat mungkin tidak akurat. Bahaya, banyak info menyesatkan. Hati-hati, bisa kepleset,” sambungnya.

Grace juga menjelaskan berbagai infrastruktur dasar yang meliputi air minum, listrik,dan akses jalanan sudah ada.

“IKN adalah wajah Indonesia. Pasti dibuat sebagus mungkin, sesempurna mungkin. Pemerintah tidak akan mempertaruhkan wajah Indonesia,” lanjutnya.

Kritik Djarot

Beberapa waktu lalu, Djarot menyatakan bahwa infrastruktur-infrastruktur dasar di IKN, seperti listrik dan air belum siap.

“Kalau terlalu dipaksakan ya begitu hasilnya. Listrik belum masuk, air juga belum masuk, infrastruktur juga masih belum siap,” ujarnya, Selasa (9/7/2024).

Menurut Djarot, pembangunan IKN dilakukan secara tergesa-gesa, terutama dalam tahap pelaksanaannya.

“Inilah salah satu konsekuensi dari kebijakan yang tergesa-gesa. Tergesa-gesa. Terutama di dalam implementasinya, di dalam eksekusinya,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Djarot mengatakan sedari awal pemerintah jangan terlalu diri dengan pembangunan IKN.

“Makanya, di awal jangan terlalu pede gitu loh. Kan sebelumnya menyampaikan sudah sangat siap gitu ya, ternyata belum juga,” katanya.* (Bayu Muhammad)

Baca juga: ‘Pembangunan IKN Jangan Diburu-buru’

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

Hibah dan Kerja Sama Perusahaan Internasional Mengalir ke Otoritas IKN

JAKARTA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Negara

Jokowi ‘Groundbreaking’ Proyek Delonix Nusantara Senilai Rp 500 Triliun di IKN

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melaksanakan peletakan batu