3 months ago
1 min read

Wacana Kaesang Maju Pilkada 2024, Jokowi: Orang Tua Hanya Mendoakan

Ketum PSI Kaesang Pangarep. (Foto: IG @kaesangp)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat suara mengenai isu putra sulungnya, Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Ketika ditanya saat melepas bantuan kemanusiaan ke Papua Nugini yang dilanda bencana longsor, Jokowi mengatakan bahwa tugas orang tua hanya mendoakan. “Tugasnya orang tua itu hanya mendoakan,” katanya, Senin (8/7/2024).

Belum lama ini, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, menyebut nama Kaesang dipertimbangkan untuk diusung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024.

“Iya dong, jadi salah satu pertimbangan juga,” Selasa (2/7/2024).

Kaesang sendiri menilai Jateng merupakan provinsi yang besar. Dan masalah-masalah yang ada juga rumit. Sehingga, dibutuhkan sosok pemimpin yang bisa menyelesaikan masalah-masalah kompleks itu.

“Jawa Tengah ini kan provinsi yang cukup besar, masalahnya juga kompleks. Butuh pemimpin yang bisa menyelesaikan masalah yang ada di Jawa Tengah,” katanya, Senin (8/7/2024).

Kaesang juga tidak masalah kalau PDIP ingin mengusungnya. Ia menghargai semua pihak yang ingin mengusungnya.

“Ya, nggak papa. Kami hargai semua yang mau mengusung kami,” sambungnya.

Kaesang kuat di Jateng

Lembaga Survei Indonesia (LSI) sudah mengeluarkan hasil survei terbarunya untuk Pilgub Jateng 2024. Dan sosok Kaesang menempati posisi pucuk survei tersebut.

Dalam simulasi semi terbuka dengan memberikan 21 pilihan kepada responden, survei tersebut menemukan Kaesang paling banyak dipilih dengan meraih 15,9 persen suara.

Sementara itu, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi (Pol), Ahmad Luthfi, memenangkan 12,9 persen suara. Dan sosok Abdul Wachid mendapatkan 7,8 persen suara. Dan artis Raffi Ahmad memperoleh 6,8 persen.

Keunggulan Kaesang juga ditemukan dalam Survei Indikator Politik jelang Pilgub Jateng 2024. Dalam survei tersebut, duet Irjen Pol Ahmad, Luthfi dan Kaesang mendapatkan elektabilitas tertinggi dalam simulasi tiga pasangan calon (paslon).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI, Ariyo Bimo, sudah menanggapi survei tersebut. Ia menyatakan duet Kaesang-Luthfi unggul.

“Dalam survei tersebut semua kandidat dipasangkan dan sangat logis apabila pasangan Mas Kaesang dan Pak Ahmad Luthfi unggul. Keduanya merupakan urutan teratas dalam elektabilitas,” ujarnya, Senin (8/7/2024).

Akan tetapi, Ariyo mengatakan keunggulan tersebut tidak bisa menjadi sinyal Luthfi dan Kaesang akan dipasangkan nantinya. Hasil-hasil survei yang ada akan menjadi bahan pertimbangan dalam Pilgub Jateng 2024.

“Hanya saja hal tersebut tidak dapat dijadikan sinyal bahwa keduanya akan dipasangkan. Mas Kaesang masih fokus mempersiapkan cakada-cakada di seluruh Indonesia. Hasil-hasil survei akan menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan,” sambungnya.

Sementara itu, komunikasi dengan partai-partai politik akan dilakukan dalam rangka memajukan calon terbaik untuk memimpin Jateng.

“Intinya komunikasi terus dilakukan dengan partai-partai politik dan tokoh nasional untuk memastikan kita mendukung calon-calon terbaik untuk daerah,” lanjutnya* (Bayu Muhammad)

Baca juga: 6 Nama Cagub Jakarta Versi PSI Jakbar

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘Anies Tidak Jadi Maju Bukan Karena Ridwan Kamil’

JAKARTA – Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah

‘Banyak Tokoh Naik Private Jet’

JAKARTA – Founder Indo Barometer, Muhammad Qodari, mengatakan ada banyak