3 months ago
1 min read

Penjelasan Garuda Soal Penyesuaian Jadwal Penerbangan 46 Kloter

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. (Foto: Istimewa)
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, angkat suara tentang adanya penyesuaian jadwal penerbangan untuk jemaah Haji yang pulang dari Arab Saudi ke Indonesia.

Ada penyesuaian terhadap slot 46 kloter penerbangan pulang jemaah Haji yang disebabkan oleh keterbatasan slot di bandara Arab Saudi.

Irfan mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan, terutama Otoritas Bandara Arab Saudi (GACA) dan Kementerian Agama (Kemenag). Mereka mengupayakan kelancaran fase pemulangan Jemaah Haji, terutama dengan adanya langkah-langkah mitigasi yang disiapkan.

Irfan menyatakan komitmen Garuda Indonesia untuk menyediakan kompensasi bagi para jemaah Haji yang terdampak akibat penyesuaian jadwal pulang ke Tanah Air.

“Adapun komitmen tersebut turut diselaraskan dengan upaya untuk mengoptimalkan mitigasi termasuk penyediaan kompensasi sesuai ketentuan yang berlaku kepada seluruh jemaah yang terdampak atas penyesuaian jadwal penerbangan pemulangan jemaah ke Tanah Air dengan fokus utama untuk mengedepankan kenyamanan para Jemaah,” katanya dalam siaran pers perusahaan, Kamis (27/6/2024).

Pada musim Haji tahun ini, Garuda Indonesia menerbangkan lebih dari 109.156 jemaah. Dan mereka perlu sekitar 586 kloter penerbangan untuk memulangkan mereka.

Akan tetapi, pihak berwenang yang mengatur penerbangan di bandara Arab Saudi tidak bisa memberikan jumlah slot yang diperlukan oleh maskapai tersebut.

“Otoritas bandara menyampaikan bahwa terdapat 68 slot penerbangan tidak dapat dipenuhi sesuai permintaan Garuda Indonesia mengingat adanya perubahan kebijakan pengaturan slot di bandara Arab Saudi,” sambungnya Irfan.

Usahakan slot penerbangan

Oleh karena itu, Garuda Indonesia bersama Kemenag terus melakukan upaya negosiasi untuk mengamankan slot-slot penerbangan pulang jemaah Haji Indonesia.

“Berkenaan dengan perubahan tersebut, Garuda Indonesia yang juga didukung oleh Kementerian Agama terus melaksanakan negosiasi bersama pihak GACA dan hingga kini terdapat penyesuaian jumlah slot yang harus disesuaikan turun menjadi sekitar 46 dari 68 slot penerbangan sebelumnya,” jelas Irfan.

Irfan juga menyatakan akan terus melakukan perbaikan operasional untuk memastikan ketepatan waktu penerbangan pulang jemaah Haji.

“Berkenaan dengan berbagai masukan dan sorotan yang disampaikan pemangku kepentingan terkait mengenai kelancaran operasional haji, kami tentunya akan terus melakukan berbagai improvement aspek operasional guna memastikan aspek ketepatan waktu layanan penerbangan haji senantiasa terjaga,” lanjutnya.

Irfan juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh jemaah Haji. Ia juga menegaskan kembali komitmen pihaknya untuk memastikan kelancaran penerbangan pulang jemaah Haji 2024.* (Bayu Muhammad)

Baca juga:

Garuda Ubah Rute Kepulangan 46 Kloter

Garuda Terbangkan Ribuan Pasukan Perdamaian Indonesia

Garuda Indonesia Masuk Fortune Southeast Asia 500

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

Garuda Indonesia Dukung Penyelenggaraan PON XXI

JAKARTA – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia turut berkontribusi dalam
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. (Foto: Istimewa)

Garuda Catat Pertumbuhan pada Kuartal II

JAKARTA – Maskapai Perseroan Terbatas (PT) Garuda Indonesia membukukan pertumbuhan