4 months ago
1 min read

Elektabilitas Prabowo Balap Anies di Sumbar

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Facebook Prabowo Subianto)

JAKARTA – Lembaga survei Spektrum Politika Institute mengeluarkan hasil survei elektabilitas terkini antara Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di Sumatera Barat (Sumbar) pasca Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Survei tersebut dilakukan dua bulan setelah Pilpres 2024 berakhir, yaitu selama periode 22-27 April 2024 di 19 kabupaten dan kota di Sumbar. Hasilnya, elektabilitas Prabowo melampaui Anies.

Dengan pertanyaan ‘Seandainya pemilihan Presiden ulang dilakukan saat ini di Sumbar, siapa yang Anda pilih?’ Prabowo mendapatkan angka 49,70 persen di atas Anies yang mendapatkan angka 45,70 persen.

“Dari data yang kami dapat, Pak Prabowo Subianto mencapai angka 49,70 persen. Sementara Pak Anies Baswedan hanya 45,70 persen. Dan yang tidak tahu dan tidak menjawab 4,60 persen,” kata Direktur Riset Spektrum Politika, Andri Rusta, Senin (3/6/2024).

Andri menilai hal tersebut diakibatkan oleh kerja-kerja kader Partai Gerindra beserta konsolidasi yang baik pasca-Pilpres. Ia juga menyinggung peran Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade.

“Mungkin juga karena kerja nyata yang terus dilakukan tokoh Gerindra di Sumbar, Andre Rosiade. Yang tiada henti menggerakkan partainya membantu masyarakat,” ujarnya.

Kepercayaan masyarakat

Andre Rosiade merasa senang dan menyampaikan terima kasihnya kepada masyarakat Sumbar atas hasil survei terkini itu.

Ia mengatakan Partai Gerindra akan terus bekerja untuk membantu warga kendati Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah selesai.

“Kami melihat ini memang karena kader-kadernya Pak Prabowo tak henti-hentinya bekerja untuk masyarakat. Meski pemilu telah usai, Partai Gerindra tetap bekerja membantu warga. Tepatnya membantu masyarakat yang terkena bencana alam di beberapa tempat di Sumbar,” ucap Andre.

Menurut Andre, hasil dari survei elektabilitas Prabowo akan lebih tinggi lagi jika dilakukan setelah sang Presiden terpilih mengunjungi daerah bencana pada 16 Mei 2024 lalu.

“Menurut kami, kalau survei dilakukan setelah Pak Prabowo datang ke Sumbar, hasilnya mungkin lebih tinggi lagi. Terima kasih atas kepercayaan masyarakat,” sambungnya.

Sebelumnya, Pilpres 2024 di Sumbar dimenangkan oleh pasangan calon (paslon) nomor urut 01, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan perolehan suara sebesar 56,53 persen. Paslon Prabowo-Gibran Rakabuming mendapatkan 39,45 persen. Terendah, paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya mendapatkan 4,02 persen.* (Bayu Muhammad)

Baca juga:

Prabowo Jawab Kekhawatiran soal Demokrasi di Indonesia

Beda Tanggapan soal Anies Maju di Pilkada Jakarta

Prabowo Minta Pekerjaannya Tidak Diganggu

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘Anies Tidak Jadi Maju Bukan Karena Ridwan Kamil’

JAKARTA – Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah

Immanuel Ebenezer: Antara Dua ‘Mania’

JAKARTA – Sosok satu ini dikenal sebagai relawan yang membantu