4 months ago
1 min read

Golkar Mengaku Dapat Tambahan Kursi

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia. (Foto: Dpr.go.id)

JAKARTA – Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, mengaku partainya telah menguasai sebesar 18 persen atau 102 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Ia mengatakan jumlah tersebut meningkat dari sebelumnya.

“Alhamdulillah, di bawah kepemimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto, Golkar menguasai 18 persen atau mendapatkan 102 kursi DPR dari seluruh kursi yang diperebutkan. Angka ini fantastis karena perolehan kursi Golkar naik 17 kursi dibandingkan Pemilu (Pemilihan Umum) 2019,” ujarnya, Minggu (9/6/2024).

Doli menjelaskan penambahan kursi partainya itu terjadi seiring dengan kemenangan kader-kader Golkar di sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Adapun kader-kader yang dimaksud adalah calon legislatif (caleg) dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat 1, Nurul Arifin dan Papua Tengah, Soedeson Tandra.

“Kedua kader, Ibu Nurul dan Soedeson Tandra, menjadi kader yang gigih memperjuangkan kemenangan Golkar di PHPU MK. Keduanya putra-putri terbaik Partai Golkar yang telah melengkapi jumlah perolehan kursi menjadi 102,” lanjutnya.

Diterima masyarakat

Doli menyampaikan hasil perolehan suara Partai Golkar menunjukkan kalau sikap dan kebijakan mereka disetujui dan diterima oleh masyarakat.

Di bawah kepemimpinan Ketum Airlangga, kata dia, Golkar memunculkan konsistensi dalam mengamankan kebijakan-kebijakan strategis Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tidak hanya itu, Golkar juga berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan Jokowi dengan memberikan dukungan penuh terhadap pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Kemudian, Doli juga memaparkan perolehan suara Partai Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Jumlah ini setara dengan 14,4 persen dari total 17.510 kursi DPRD Kabupaten/Kota se-Indonesia,” tambahnya.

Menurut Doli, partai yang berlogo pohon beringin itu juga menguasai perolehan pimpinan DPRD di provinsi di seluruh Indonesia.

Ia mengatakan 120 kader Golkar mendapatkan kursi Ketua DPRD. Sementara itu, 220 lainnya berhasil memperoleh kursi Wakil Ketua DPRD Kabupaten/Kota.

Doli mencatat adanya kenaikan perolehan di DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 99 kursi atau 4 persen jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu. Pada saat itu, Partai Golkar mendapatkan 2.422 kursi.* (Bayu Muhammad)

Baca juga:

Dukungan Mengalir ke Khofifah-Emil di Pilkada Jatim

Amien Rais Singgung ‘Cawe-Cawe’, Golkar: Jangan Adu Domba

PKS-Golkar Hadapi Pilwalkot Depok 2024

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

Solusi RK-Suswono Atasi Banjir di Jakarta

JAKARTA – Calon Wakil Gubernur (Wagub) Gubernur Daerah Khusus Jakarta

Dilema Partai Politik Pasca Reformasi

JAKARTA – Partai politik merupakan pilar demokrasi, adalah salah satu