7 months ago
1 min read

Kisah Kemunculan Joget ‘Gemoy’ ala Prabowo

Calon Presiden Prabowo Subianto. (Dok. Facebook Prabowo Subianto)

JAKARTA – Direktur Media Prabowo Subianto, Angga Raka Prabowo, mengungkapkan kalau fenomena Prabowo ‘gemoy’ lahir dari masyarakat. Hal itu disampaikan Angga ketika membicarakan Prabowo dalam siniar di Total Politik.

“Kalau kata ‘gemoy’ kan juga lahirnya juga dari rakyat juga, dari netizen. Itu lucu ya, Gus. Waktu pas di Yogya,” kata Angga.

Ucapan Angga dibenarkan oleh Konsultan Komunikasi Politik, Ipang Wahid, yang melacak kemunculan kosakat ini dalam acara 3 Bacapres Bicara Gagasan (Selasa, 19/9/2023).

“Nah, begitu Pak Prabowo ngomong ‘tunggu, tunggu’ itu pecah satu ruangan. Benar-benar pecah heboh. (Ini di) acara sama Najwa,” kenang Ipang.

Ipang mengingat momen saat Prabowo mengatakan ‘tunggu’ kepada Najwa Shihab yang bertanya soal calon legislatif (caleg) Partai Gerindra yang terjerat kasus korupsi. Ucapan itu disertai oleh gerakan silat dari Prabowo yang disambut sorak-sorai para peserta.

Tanggapan sorak-sorai itu juga datang dari keponakan Ipang yang hadir dalam acara tersebut. Selagi menyaksikan aksi Prabowo di atas panggung, keponakannya itu juga meneriakkan kata ‘gemoy’ bersama para penonton.

“Wah Pak Prabowo gemoy, gemoy. Jadi itu banyak banget yang ngomong ‘gemoy’ pada waktu itu. Wah, ini kosakata menarik banget nih kata ‘gemoy’,” tutur Ipang.”

Dari situ Ipang berpikir untuk membuat konten Prabowo yang disertai dengan kata-kata ‘gemoy’ di media sosial.

“Nah, besoknya kita testing itu. Bikin konten yang si ‘tunggu’ itu (dan) ada tulisan gemoy apa segala macam,” ucap Ipang.

Ipang mendapatkan respons masyarakat cukup baik saat konten-konten ‘gemoy’ Prabowo disebarkan. Setelah disebar, Ipang melihat masyarakat membagikan konten tersebut secara organik.

“Jalan benar itu barang. Jadi, semenjak dari situ mulailah ini gede secara organik. Dan memang di masyarakat waktu itu kata-kata ‘gemoy’ kan gemesin,” kata Ipang.

Semenjak itu, konten-konten ‘gemoy’ Prabowo semakin bertambah dan populer di kalangan masyarakat. Penyampaiannya ke publik juga bervariasi. Salah satu bentuk inovasinya adalah perpaduan antara kata gemoy dengan cuplikan Prabowo joget.*

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

Immanuel Ebenezer: Antara Dua ‘Mania’

JAKARTA – Sosok satu ini dikenal sebagai relawan yang membantu

Kabinet Zaken: Solusi Prabowo untuk Mewujudkan Pembangunan dan Stabilitas Politik

JAKARTA – Presiden terpilih Prabowo Subianto berencana membentuk kabinet zaken