3 weeks ago
1 min read

Bangun Jalan Tol Ribuan Kilometer, Jokowi Perkuat Persatuan Bangsa

Presiden Joko Widodo saat meresmikan dua ruas jalan tol. Pertama, Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa dan Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung–Tebing Tinggi-Parapat. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA – Masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lekat dengan pembangunan. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur jalan tol yang digencarkan seantero wilayah Indonesia.

Dilansir dari artikel CNBC Indonesia, Indonesia sudah memiliki jalan tol sepanjang 2.893,02 kilo meter per tahun 2024. Sebanyak 72 persen dari jalan tol dibangun selama masa pemerintahan Jokowi.

Pencapaian tersebut disorot dalam pidato Jokowi dalam Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) tahun ini.

Jokowi mengatakan bahwa 10 tahun kepemimpinannya telah berhasil membangun dasar dari suatu peradaban yang Indonesiasentris.

“Alhamdulillah, selama 10 tahun ini kita telah mampu membangun sebuah fondasi dan peradaban baru, dengan pembangunan yang Indonesiasentris, membangun dari pinggiran, membangun dari desa dan membangun dari daerah terluar,” katanya, Jumat (16/8/2024).

Adapun dasar yang dimaksud itu salah satunya adalah jalan tol yang dibangun sepanjang ribuan kilo meter.

“Sampai saat ini kita telah membangun 366 ribu kilometer jalan desa, 1,9 juta meter jembatan desa, 2.700 kilometer jalan tol baru, 6.000 kilometer jalan nasional, 50 pelabuhan dan bandara baru, serta 43 bendungan, dan 1,1 juta hektare jaringan irigasi baru,” lanjutnya.

‘Memperkuat persatuan bangsa’

Dengan dilakukannya pembangunan jalan tol tersebut, Jokowi mengatakan persatuan bangsa semakin diperkuat oleh akses yang lebih rata dan adil.

“Kita mampu memperkuat persatuan karena akses yang lebih merata dan berkeadilan,” ujarnya membicarakan arti penting pembangunan jalan tol di Indonesia.

Beberapa jalan tol yang dibangun oleh Jokowi adalah Jalan Tol Bawen-Salatiga, Jalan Tol Palembang-Indralaya, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Jalan Tol Medan-Binjai, dan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Sementara itu, jaringan jalan tol di daerah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) juga diperluas dengan dibangunnya Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Jalan Tol Akses Tanjung Priok dan lain-lain.

Menjelang akhir masa jabatannya, Jokowi kembali meresmikan sejumlah jalan tol di Provinsi Sumatra Utara (Sumut). Salah satunya adalah Jalan Tol Binjai-Langsa dengan jarak sepanjang 26,2 kilo meter.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini, segera akan kita resmikan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa (Seksi 2 Stabat-Tanjung Pura) yang dibangun sejak tahun 2020 sepanjang 26,2 km dengan anggaran biaya Rp11,6 triliun,” jelasnya, Selasa (10/9/2024).* (Bayu Muhammad)

Baca juga: Percepat Transformasi Digital, Menkominfo Apresiasi Dukungan DPR

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

Pemerintah Jokowi Bagi Jutaan Sertifikat Tanah per Tahun

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku pihaknya telah membagikan

Hibah dan Kerja Sama Perusahaan Internasional Mengalir ke Otoritas IKN

JAKARTA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Negara