5 months ago
1 min read

Presiden Jokowi Resmikan Lab Digital Terlengkap di Asia Tenggara

Presiden Joko Widodo meresmikan IDTH di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT), Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Selasa, 7 Mei 2024. (Foto: BPSP)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) yang dikelola Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT), di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (7/5/2024).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan, fasilitas tersebut merupakan yang terlengkap di kawasan Asia Tenggara, selain Vietnam.

“Laboratorium ini terlengkap di Asia Tenggara, selain Vietnam. Ini tentunya membanggakan,” kata Budi sebelumnya dalam keterangan resmi Kominfo, Kamis (2/5/2024).

Budi menjelaskan kalau IDTH memiliki alat-alat yang canggih untuk menguji perangkat-perangkat digital.

“Mulai dari electromagnetic capability, electrical safety. Kualitas pengujian untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengguna perangkat telekomunikasi di Indonesia,” ujarnya, Selasa (7/5/2024).

Pengoperasiannya juga dilakukan bersama dengan kampus dalam rangka menghadapi perkembangan teknologi digital.

“Kami melakukan pengembangan fungsi IDTH sebagai center of excellence perangkat digital. Kerja sama dengan kampus juga dalam menghadapi kemajuan teknologi digital,” lanjutnya.

Jokowi mengatakan Indonesia tidak boleh hanya menjadi pasar, tetapi juga produsen dalam industri digital.

“Saya menekankan terus, ini saya tekankan terus hal yang sama bahwa kita tidak boleh hanya menjadi penonton. Kita tidak boleh hanya menjadi pasar dan kita harus jadi pemain, menjadi produsen,” katanya.

Ia juga puas dengan fasilitas IDTH yang baru saja diresmikan.

“Saya tadi sudah memutar ke semua ruangan memang perangkatnya super modern, sangat bagus. Karena memang untuk membangun ini anggaran yang digunakan hampir Rp1 triliun kurang sedikit. Saya tadi tanya habis berapa ini? Rp 980 miliar. Jadi kalau peralatannya super canggih seperti itu, ya enggak kaget karena anggarannya gede,” sambungnya.

Jokowi menjelaskan fasilitas tersebut berguna untuk menguji berbagai aspek perangkat-perangkat digital sebelum dipasarkan ke masyarakat.

“Sebelum dipasarkan, diuji di sini untuk memastikan standar keamanan. Memastikan standar kesehatan dan standar untuk keselamatan masyarakat pengguna perangkat- perangkat ini dapat terpenuhi,” terang Jokowi.

Presiden juga meminta kepada Kemenkominfo agar IDTH terus didorong menjadi pusat riset. Tidak hanya itu, Presiden menginginkan agar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga digandeng dalam pengoperasian fasilitas tersebut.

“Saya minta Kemenkominfo untuk terus mendorong IDTH menjadi pusat R&D, menggandeng perguruan tinggi, menggandeng startup, serta kalangan UMKM. Mendorong riset dan paten, mendukung pengembangan pengujian dan sertifikasi produk-produk lokal, agar produk perangkat digital dalam negeri mampu bersaing,” katanya.* (Bayu Muhammad)

Baca juga: Kominfo Dorong Perempuan Kuasai AI

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

Pemerintah Jokowi Bagi Jutaan Sertifikat Tanah per Tahun

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku pihaknya telah membagikan

Hibah dan Kerja Sama Perusahaan Internasional Mengalir ke Otoritas IKN

JAKARTA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Negara