6 months ago
1 min read

Tiongkok Bangun Tiruan Istana Kepresidenan Taiwan

Replica Istana Presiden Taiwan di China. (Foto: Twz.com)

JAKARTA – Republik Rakyat Tiongkok (RRT) tertangkap membangun replika kawasan terpenting Ibu Kota Taiwan, Taipei, di pedalaman Mongolia yang berada dalam perbatasannya. Replika tersebut membentuk area di sekitar Istana Kepresidenan Taiwan.

Pengamat pertahanan, Joseph Wen, mengunggah foto satelit replika itu di akun X-nya minggu lalu. Foto yang diunggahnya disandingkan dengan peta kawasan aslinya di Taiwan. Ketika dibandingkan, kedua foto itu memiliki kemiripan.

Berdasarkan keterangan Wen, foto satelit tersebut ditangkap di atas kawasan latihan artileri dan pengeboman. Tepatnya di Gurun Liga Alxa.

Ini bukan kali pertamanya RRT kedapatan membangun replika-replika kota di Taiwan untuk kepentingan militer.

Dalam postingannya, Wen mengingatkan kembali RRT pernah membangun replika Istana Kepresidenan Taiwan di tempat yang lain. Sebelumnya, mereka pernah melakukan hal yang sama di Zhurihe, daerah yang juga berada di kawasan pedalaman Mongolia.

Penemuan ini menyambung kembali percakapan mengenai niat RRT menginvasi Taiwan yang sudah berjalan cukup lama.

Menteri Pertahanan (Menhan) Chiu Kuo-cheng berkomentar tidak lama setelah foto replika itu mencuat ke publik. Ia mengatakan setiap negara bisa membangun tiruan kawasan-kawasan dan fasilitas-fasilitas negara lainnya.

Kuo-cheng juga mengatakan pihaknya siap. Tentara nasional Taiwan siap untuk menghadapi tantangan militer dari RRT.

Sebenarnya, penemuan ini tidak mengejutkan. RRT sudah pernah melakukan hal serupa berkali-kali pada masa lalu.

Pada awal tahun ini, citra satelit menangkap replika objek militer RRT yang dibangun lagi-lagi di tengah gurun pasir. Kali ini, korbannya bukan Istana Kepresidenan Taiwan atau bangunan-bangunan lainnya yang penting bagi negara itu. Tapi model kapal induk yang mirip dengan USS Gerald R. Ford milik Amerika Serikat (AS).

Saat itu, satelit menangkap gambarnya di atas kawasan Gurun Taklamakan, Xinjiang. Pembangunannya diduga untuk menjadi sasaran tembak rudal RRT. Dan akan digunakan nantinya untuk menguji kekuatan rudal negara itu yang semakin hari semakin kuat untuk digunakan melawan kapal-kapal perang AS.

Lebih lama lagi, foto satelit menangkap gambar replika Istana Kepresidenan Taiwan yang dibangun di Zhurihe.

Pembangunannya dimulai pada 2013 dan rampung dua tahun setelahnya pada 2015. Pada tahun yang sama, muncul video yang mempertontonkan serbuan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) RRT ke bangunan yang kelihatannya mirip dengan Istana Kepresidenan di Taiwan.

Ini semakin mempertegang hubungan RRT dengan Taiwan dan kawasan Pasifik pada umumnya. Niat Beijing untuk menyerbu Taiwan menjadi semakin terlihat dari waktu ke waktu. Begitu pula keteguhan Taipei untuk menghadapi serangan dari RRT.*

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

Penjaga Pantai RRT Tabrak Kapal Filipina di LTS

JAKARTA – Filipina telah menuding Penjaga Pantai Republik Rakyat Tiongkok

Presiden Baru Taiwan Dilantik, Minta Beijing Hentikan Intimidasi

JAKARTA – Taiwan melantik Presiden Lai Ching-te yang dipilih awal