6 months ago
1 min read

Mr Q: Hasto ‘Terkubur’ di Pilpres 2024

Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDi-P Hasto Kristiyanto. (Foto: Antara)

JAKARTA – Founder Indo Barometer Muhammad Qodari menyatakan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto ‘terkubur’ dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kesalahan Hasto dalam menilai sesuatu.

Salah satunya anggapan dia mengenai Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membakar rumah politiknya sendiri dalam menjagokan pasangan calon (paslon) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

“Kalau membakar itu dimaknai sebagai PDI-Perjuangan suaranya turun ya, terutama di tingkat nasional, kemudian pilpresnya kalah. Menurut saya, itu karena Mas Hasto sebagai aktor utamanya,” kata Qodari dalam siniar di Total Politik, Senin (1/4/2024).

Sebelumnya, Hasto pernah mengeluarkan kata ‘bakar’ di suatu siniar ketika sedang menjelaskan tindakan-tindakan Presiden Jokowi yang mengakibatkan berbagai kemunduran PDI-P dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Selanjutnya, Qodari juga berpendapat keadaannya akan berbeda seandainya bukan Hasto, melainkan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI-P Bambang ‘Pacul’ Wuryantolah yang memimpin partai berlogo banteng itu dalam medan pertempuran Pilpres 2024.

“Saya yakin ceritanya akan sangat-sangat lain, dan sangat-sangat berbeda,” tandas Mr Q, panggilan akrab Qodari.

Sebab, kata Mr Q, tindakan-tindakan Bambang Pacul berangkat dari fakta-fakta dan data-data yang ada. Sementara itu, Hasto tidak memperlihatkan sikap serupa selama rangkaian Pilpres 2024 berjalan.

“Seorang Mas Hasto Kristiyanto itu tahun 2024 seperti tidak berpijak pada data dan fakta. Analisa dan pernyataannya tidak berpijak pada fakta dan data,” ujar Mr Q.

Ia mencontohkan permasalahan itu saat Hasto berkomentar tentang perolehan suara pasangan calon (paslon) Ganjar Pranowo-Mahfud MD di luar negeri.

“Seperti hasil pemilu di luar negeri yang dia bilang dimenangkan Ganjar-Mahfud, padahal faktanya adalah Prabowo-Gibran,” jelas Mr Q.

Bahkan menurutnya, Hasto seperti tidak terikat kepada fakta-fakta dan data-data yang dasar dan sifatnya fundamental.*

Komentar

Your email address will not be published.

Go toTop

Jangan Lewatkan

‘Anies Tidak Jadi Maju Bukan Karena Ridwan Kamil’

JAKARTA – Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah

Megawati Tak Setuju dengan Sosok Anies

JAKARTA – Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis, menilai kalau